Pendidikan Karakter
Pendidikan Karakter
Membangun manusia secara utuh sehingga berkembang segala potensi yang dimilikinya. menjadi manusia yang berahlak baik, menalar, berinteraksi, berkembang, bebas, mandiri dan bertanggung jawab.
1. Latihan Dasar Sosial Kemasyarakatan Siswa (LDSK)
Latihan Dasar Sosial Kemasyarakatan atau disingkat LDSK merupakan kegiatan yang bertujuan peningkatkan rasa kepedulian siswa terhadap sesama dan kepedulian siswa terhadap lingkungan alam di sekitarnya. |
2. Live Inn
Live in merupakan kegiatan siswa mempelajari dan menggali potensi suatu daerah dengan tinggal di daerah tersebut dalam kurun waktu tertentu. berbaur dengan masyarakat mempelajari budaya, tradisi dan kegiatan masyarakat setempat. |
3. Field Trip
![]() ![]() |
Field trip adalah studi lapangan yang dilakukan oleh siswa untuk melakukan kegiatan belajar yang terjadi atau dilaksanakan diluar sekolah. artinya, field trip ini merupakan kunjungan wisata atau kunjungan yang dapat menunjang pengetahuan anak melalui pembelajaran diluar kelas dengan mendatangi beberapa destinasi yang telah ditentukan |
4. Out Bond
![]() |
Outbound merupakan suatu bentuk dari pembelajaran segala ilmu terapan yang disulasikan dan dilakukan di alam terbuka atau tertutup dengan bentuk permainan yang efektif, yang menggabungkan antara intelegensia, fisik dan mental. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan serempak tiga angkatan (kelas VII, VIII dan IX) untuk memupuk keakraban dan menghilangkan adanya senioritas di sekolah. |
5. Cultural Day & Career Day
Culture day merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan berbagi budaya yang ada di suatu daerah atau negara. Setiap kelas akan dibagi menjadi beberapa budaya dan setiap kelas akan menunjukan dan menampilkan budaya daerah atau negara mereka baik itu berupa makanan, pakaian, adat , tarian, lagu daerah dan lainnya.
Sedangkan career day merupakan kegiatan pengenalan siswa kepada beberapa karir yang mungkin mereka akan geluti dengan narasumber dari alumni SMP Pembangunan Jaya yang telah sukses meniti karirnya.
Entrepreneur
Merupakan penerapan pembelajaran yang meningkatkan pengetahuan dan kompetensi siswa mengenai kewirausahaan serta perubahan sikap dan pola pikir kreatif, inovatif, mandiri, pantang menyerah dan berani mengambil resiko serta mampu memecahkan permasalahan
1. Student Company
![]() |
![]() |
Student Company merupakan kegiatan Entrepreneur yang dilaksanakan oleh siswa kelas 8. Setiap kelas menjalankan satu perusahaan dengan struktur organisasi yang jelas, President Direktur, Vice president Direktur, dll. Permodalan student company diperoleh dari kegiatan penjualan saham. Mereka harus mempresentasikan produk di depan guru, karyawan dan orang tua siswa untuk meyakinkan mereka sehingga tertarik untuk membeli saham. Perolehan saham akan dijadikan modal untuk menjalankan usaha. Selam tiga bulam mereka menjalankan perusahaannya yang bergerak dibidang kuliner. Kegiatan perusahaan diakhiri dengan laporan dan pembagian devident kepada pemegang saham
Business Plan
![]() |
![]() |
Rencana Bisnis atau Business plan adalah pembelajaran kelas 7 untuk merancang sebuah bisnis yang dilaksanakan secara berkelompok. Rancangan Bisnis dilombakan untuk memicu siswa untuk berkarya dalam kegiatan Entrepreneur.
Proses Pembuatan Craft
![]() |
![]() |
Science
Pendekatan pemahaman pengetahuan dan pengembangan keahlian siswa dengan cara "mengamati, mencoba, memahami, menganalisa, menemukan dan mencipta" (6M) untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
1. Science Night
![]() |
![]() |
Kegiatan Sains yang dilaksanakan hari Jumat malam sampai Sabtu pagi. Siswa melakukan aktivitas seputar astronomi, yaitu pengamatan benda langait (bintang, planet, bulan dan matahari terbit), serta menyaksikan pemutaran film ilmiah
|
|
2. Liga Sains | |
![]() |
![]() |
Liga Sains adalah kompetisi MIPA se-Jabodetabek yang bertujuan meningkatkan kemampuan akademik siswa. |
Pelestarian Lingkungan
Upaya untuk menyeimbangkan hubungan antara manusia dan alam dengan menekankan pada perubahan mindset siswa yang sadar akan pentingnya kesinambungan pelestarian lingkungan, kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan sumber daya alam serta menjadi pelopor "change agent" lingkungan.