SMP PEMBANGUNAN JAYA
 Bintaro

 

Ilmu pengetahuan tentunya tidak hanya terbatas pada informasi yang guru berikan di kelas. Banyak pengetahuan yang bisa digali dari lingkungan sekitar. Salah satu upaya yang dilakukan SMP Pembangunan Jaya untuk menambah wawasan siswa tentang dunia luar yang berkaitan dengan apa yang Sudan dipelajari di kelas adalah melalui fieldtrip. Meskipun masih dilaksanakan secara virtual, namun tidak mengurangi kesempatan siswa untuk menggali banyak hal dari kegiatan ini.

Virtual field trip kali ini dilaksanakan dalam tiga tahap, sebagi berikut:

Field trip 1 -  Environmental Museum Kitakyushu Jepang

Field trip tahap 1 ini dilaksanakan pada hari Kamis, 12 Agustus 2021. Fieldtrip kali ini tidak hanya untuk siswa kelas VII, VIII dan IX, namun SMP Pembangunan Jaya turut mengundang siswa kelas VI SD Pembangunan Jaya.

Dari field trip ini Siswa SMP dan SD Pembangunan Jaya banyak belajar tentang sejarah Kitakyushu, bagaimana Kitakyusu menjadi kota terbersih di Jepang dan tentunya belajar pengelolaan sampah disana. Dari pemilahan sampah di rumah tangga, pengumpulan sampah, hingga pengolahan sampah di sana. Siswa dikenalkan juga tentang pembiasaan hidup bersih, rapi dan menjaga lingkungan oleh siswa pelajar di Jepang.  Fasilitator dan sekaligus penerjemah Ibu Indriyani Rachman Ph.D yang menyiarkan langsun dari Kitakyusu memandu fieldtrip ini dengan apik dan menarik antusiasme siswa.

Tema filedtrip kali ini juga akan menjadi tema karya tulis untuk siswa kelas IX. Semangat!

Sesi lengkap fieldtrip kali ini melalui channel youtube SMP Pembangunan Jaya : https://www.youtube.com/watch?v=gOI3Zt7dx1I&t=8s

Field trip 2 - Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Barat

Field trip tahap 2 ini dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2021 . Pesertanya adalah siswa kelas VII, VIII dan IX. Siswa diajak untuk melihat bagaimana suku dinas lingkungan hidup Jakarta Barat melaksanakan sistem pengolahan sampah di sana. Bapak Subarna Martadinata selaku Pengawas Kebersihan Seksi Peran Serta Masyarakat dan Penataan Hukum memperlihatkan bagaimana sampah di Jakarta Barat diolah, didaur ulang dan penerapan bank sampah di tingkat RT bahkan di sekolah-sekolah. Siswa dikenalkan juga tentang Biokonversi sampah organik menggunakan Larva Black Soldier Fly (Hermetia illucens) dan EM4 dalam rangka menunjang pengelolaan sampah berkelanjutan.

Field trip 3 - Menjelajah Seni Lukisan Cadas Prasejarah Indonesia

SMP Pembangunan Jaya sangat beruntung dapat mendatangkan Dr. Pindi Setiawan, M.Si, Lektor dari ITB (Intitut teknologi Bandung) yang juga merupakan salah satu peneliti yang terlibat dalam penemuan menakjubkan berupa lukisan cap tangan dinding gua atau rock art tertua di dunia yang berhasil ditemukan di Indonesia tepatnya ada di pegunungan karst Sangkulirang-Mangkalihat, Kalimantan Timur. 

Dalam field trip ini, Dr. Pindi membagikan pengalamannya menjelajah Indonesia untuk melakukan penelitian tentang berbagai lukisan cadas prasejarah Indonesia. Berbagai lukisan cadas prasejarah diperlihatkan dan dijelaskan kepada siswa. Hal ini sansat berhubungan dengan materi yang telah siswa dapatkan di kelas VII pada pelajaran IPS. Siswa begitu tertarik dan fantasias mengikuti sesi field trip kali ini.

Back to top