Main Menu

Lima Platform untuk Belajar Secara Online di Rumah

Pemerintah memberlakukan social distancing untuk mencegah penyebaran virus corona. Sekolah diliburkan dan para pelajar diminta belajar dari rumah.

Pemerintah Indonesia memberlakukan kebijakan social distancing sebagai bentuk pencegahan terhadap penyebaran wabah virus corona (COVID-19). Sekolah-sekolah dan universitas di beberapa wilayah juga ditutup dan menerapkan metode belajar secara online.

Sejatinya menemukan platform belajar daring saat ini tidak sulit. Banyak perusahaan-perusahaan yang mengembangkan sebuah platform belajar yang memanfaatkan koneksi internet dan perangkat pintar.

Inilah lima platform belajar secara daring (online) yang dapat dimanfaat untuk belajar dirumah, dirangkum dari Antara, Rabu, 18 Maret 2020.

  1. Ruangguru

Ruangguru menjadi salah satu platform yang dapat dimanfaatkan untuk belajar daring dirumah. Aplikasi ini memberikan fasilitas Sekolah Online Ruangguru Gratis dalam upaya menjawab tantangan belajar yang dihadapi siswa-siswi Indonesia ditengah kondisi darurat akibat wabah COVID-19.

Terhitung sejak Senin, 16 Maret 2020, siswa dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh dengan metode live teaching setiap hari Senin sampai Jumat, mulai pukul 08.00 - 12.00 WIB. Dalam metode ini, akan tersedia 15 kanal live teaching yang mencakup semua mata pelajar sesuai dengan kurikulum nasional.

Metode live teaching ini tersedia untuk siswa kelas 1 SD sampai dengan kelas 12 SMA, baik jurusan IPA maupun IPS. Proses pembelajaran akan dipandu langsung oleh para Master Teachers Ruangguru.

  1. Kipin School

Aplikasi Kipin School dapat diunduh melalui ponsel, tablet dan PC. (Foto: Kipin School)

Platform selanjutnya adalah Kipin School 4.0. Aplikasi ini menyediakan e-book, latihan soal, video dan bacaan literasi yang dapat diunduh secara gratis melalui ponsel, tablet berbasis Android dan iOS, serta PC yang berbasis Windows 10.

Dalam aplikasi ini terdapat 2.500 buku pelajaran sekolah untuk siswa SD sampai dengan SMK. Seluruh buku tersebut diterbitkan langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), serta sesuai dengan kurikulum yang diajarkan di sekolah-sekolah saat ini.

Tidak hanya itu, dalam aplikasi Kipin School ini juga terdapat 1.000 video pembelajaran yang dibawakan oleh guru-guru di sekolah dan puluhan ribu latihan soal dari semua pelajaran. Kemudian ada juga ratusan buku bacaan untuk menambah kemampuan literasi siswa.

  1. Zenius

Tampilan aplikasi belajar online Zenius. 

Platform selanjutnya yang dapat dimanfaatkan untuk belajar daring di rumah adalah Zenius Education. Platform ini memberikan akses gratis untuk video pembelajaran yang ditampilkan dalam format whiteboard layaknya proses belajar di sekolah. Zenius diklaim memiliki akses dengan kuota internet paling hemat.

 

Terhitung hingga Maret 2020, Zenius sudah memiliki lebih dari 80.000 video pembelajaran untuk siswa dari jenjang SD hingga SMA. Semua video pembelajaran tersebut sudah sesuai dengan kurikulum nasional.

Tidak hanya itu, para guru yang ingin membagikan video pembelajaran dan latihan soal juga dapat dilakukan melalui platform ini, dalam fitur media sosial yang ada di Zenius, layaknya grup WhatsApp.

  1. Quipper

Quipper dapat dimanfaat bagi siswa yang harus belajar secara daring dirumah. Platform ini juga tersedia secara gratis. (Foto: Quipper)

Perusahaan edutech Quipper memberikan akses gratis Quipper School untuk semua siswa yang harus belajar di rumah secara daring. Tidak hanya siswa, guru juga dapat mengakses website ini dengan mudah.

Sisa akan mendapatkan materi pembelajaran, mengerjakan tugas secara online pelalui website Quipper. Kemudian, para guru juga dapat mengelola materi pembelajaran, ujian, serta nilai siswa dalam platform ini.

  1. Cakap

Cakap merupakan aplikasi belajar daring yang lebih fokus pada pembelajaran bahasa asing. (Foto: PlayStore/Cakap)

Platform terakhir yang dapat dimanfaatkan untuk belajar daring dirumah adalah Cakap. Aplikasi ini menyediakan layanan belajar secara daring dengan metode interaksi dua arah. Cakap menghadirkan solusi layanan pendidikan yang biasa disebut Education As A Service (EAAS).

Dalam aplikasi Cakap, pengguna dapat menghadiri kelas sesuai dengan mentor atau guru yang diinginkan. Aplikasi ini juga berfokus pada pembelajaran bahasa asing, seperti Inggris, Mandiri, dan Jepang, dengan berbagai macam metode pembelajaran.

Aplikasi Cakap ini dapat diundung di ponsel maupun tablet melalui Google PlayStore dan App Store

Back to top